MUI: Film G30S/PKI Masih Sangat Relevan dengan Kondisi Bangsa saat Ini

SHARE:

Ilustrasi

BANGKITPOS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Saadi mendukung pemutaran film penumpasan dan pengkhianatan G30S/PKI yang digagas Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. MUI berharap dengan adanya pemutaran kembali film tersebut tidak menimbulkan polemik dan kegaduhan. Ia menilai pemutaran film tersebut bertujuan menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan kewaspadaan kepada masyarakat khususnya generasi muda terhadap bahaya ideologi komunisme.

“MUI berharap dengan adanya pemutaran kembali film penumpasan dan pengkhianatan G30S/PKI tersebut tidak menimbulkan polemik dan kegaduhan apalagi mengarah kepada tuduhan dan fitnah seakan-akan pemutaran film tersebut ditujukan untuk mendiskreditkan kelompok atau pihak tertentu,” kata Zainut Tauhid Saadi dalam keterangan persnya, Senin, (25/9/2017).

Pasalnya menurut Zainut, dirnya menyadari sekarang ini masih ada sekelompok orang yang tidak senang dengan pemutaran kembali film G30S/PKI, dengan alasan film tersebut sudah tidak relevan dan sarat dengan kepentingan politik Orde Baru. “Saat ini tidak ada lagi alasan tersebut, karena Orde Baru sudah bubar,” ucapnya.

Sementara itu, menurut dia, ada kebutuhan lain yang sangat penting yaitu pemahaman sejarah kepada generasi muda tentang peristiwa pemberontakan dan penghianatan PKI kepada bangsa dan negara yang menimbulkan trauma sejarah bagi perjalanan bangsa.

“Jadi menurut hemat kami pemutaran film penumpasan dan pengkhianatan Gerakan 30 September/PKI masih sangat relevan dengan kondisi bangsa saat ini,” ujar pria yang juga anggota DPR dari Fraksi PPP ini.

Disamping itu, film G 30 S/PKI sebagai film dokumenter atau sejarah juga sudah memiliki izin tayang dari Lembaga Sensor Film (LSF), dan izin tersebut sampai sekarang ini belum pernah dicabut.

“Jadi sah-sah saja jika ada stasiun televisi nasional atau kelompok masyarakat yang ingin menayangkan kembali film tersebut,” tegasnya.

Ia menambahkan, sebagai negara demokrasi yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebebasan berekspresi dan hak asasi manusia, masyarakat memiliki kebebasan dalam menentukan pilihan. Bagi yang ingin menonton tidak dilarang, dan bagi yang tidak suka juga dipersilakan.

“Yang penting bagi kita semua adalah tetap menjaga semangat persatuan, sikap toleransi dan perdamaian sesama anak bangsa,” imbuhnya.

Terhadap rencana Pemerintah untuk membuat film G 30 S/PKI dengan versi baru yang disesuaikan dengan kebutuhan generasi milenial, MUI lanjutnya, mendukung pemerintah sepanjang film tersebut didasarkan kepada bukti dan fakta kebenaran sejarah yang adil, jujur dan obyektif.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengakui telah memerintahkan para prajuritnya untuk memutar ulang film Penghianatan G30S/PKI yang kini sedang menjadi kontroversi. Perintah itu tidak ada hal lain yang ingin ditunjukkan selain memberikan pengetahuan akan sejarah Indonesia. Hal ini untuk mengingatkan kepada seluruh anak bangsa dan generasi muda, jangan sampai peristiwa yang sama terulang kembali karena peristiwa itu sangat menyakitkan.

Selain di markas-markas militer, TNI juga menfasilitasi warga yang ingin menonton bareng film G30S/PKI. Bila antusiasmenya tinggi, bukan tidak mungkin film itu akan terus diputar hingga HUT TNI tanggal 5 Oktober nanti. [ak]

COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: MUI: Film G30S/PKI Masih Sangat Relevan dengan Kondisi Bangsa saat Ini
MUI: Film G30S/PKI Masih Sangat Relevan dengan Kondisi Bangsa saat Ini
https://2.bp.blogspot.com/-SdfcQKqktdc/Wcl6OLPhT-I/AAAAAAAACLE/VHUdcmFOWQ8mYm8_HJ8mOO4yws8_h1AhwCEwYBhgL/s640/Pengkhianatan-G30S-PKI.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-SdfcQKqktdc/Wcl6OLPhT-I/AAAAAAAACLE/VHUdcmFOWQ8mYm8_HJ8mOO4yws8_h1AhwCEwYBhgL/s72-c/Pengkhianatan-G30S-PKI.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/09/mui-film-g30spki-masih-sangat-relevan.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/09/mui-film-g30spki-masih-sangat-relevan.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy