Analis PKAD Jelaskan Persoalan Standar Upah dan Kesejahteraan

SHARE:

Fajar Kurniawan
BANGKITPOS.COM, Persoalan kesejahteraan buruh atau pekerja, tututan upah pekerja, demo buruh, gelombang PHK adalah rangkaian persoalan yang terus menyelimuti hubungan antara buruh dan perusahaan. 

“Antara pekerja dengan pengusaha seolah senantiasa ada pada kutub yang selalu berbeda. Tidak pernah akur dan sulit mencari titik temu dalam persoalan standar upah dan kesejahteraan,” ungkap Analis PKAD Fajar kurniawan kepada BANGKIT POS (20/9/2017).

Tentang standar upah, Fajar mengatakan dengan upah standar yang ada, pekerja dan buruh kita hidup jauh di bawah garis minimal. Tapi persoalannya tidak akan pernah selesai dengan sekedar menaikkan upah buruh. Ini adalah persoalan kemampuan dan kesejahteran buruh yang tidak wajib dipenuhi oleh perusahaan.

“Menjadikan standar upah buruh dikaitkan dengan taraf hidup, memang ciri khas sistem Kapitalis dalam memandang standar upah buruh. Standar pengupahan dalam sistem Kapitalis sejatinya selalu memiliki persoalan. Sehingga keharmonisan hubungan pekerja dengan perusahaan selalu menjadi soal,” imbuhnya.

Fajar mengingatkan, sistem ini memberikan upah kepada seseorang dengan upah yang wajar yang menurut sistem ini adalah yang diperlukan oleh seorang pekerja, yaitu biaya hidup dengan batas minimum.

“Karena itu, upah seorang pekerja dalam sistem Kapitalis ditentukan berdasarkan beban hidupnya. Fakta sistem standar pengupahan ini sangat terekam dari item-item rincian pengupahan stuk gaji yang diterima. Termasuk ragam tunjangan yang disesuaikan dengan beban hidup dari pekerja,” lanjutnya.

Fajar menambahkan, standar upah di beberapa negara Eropa dan Amerika sebenarnya merupakan modifikasi dari sistem ini dalam memberikan hak-hak kepada pekerja melebihi apa yang menjadi haknya sekaligus melebihi apa yang diberikan oleh kebebasan kepemilikan.

“Namun demikian, tetap saja apa yang diperoleh para pekerja di sana adalah sebatas standar hidupnya yang paling minim, yaitu sekedar bisa dipakai untuk hidup dalam taraf hidup yang amat sederhana. Pekerja pada prinsipnya selalu mendapatkan upah yang rendah. Tidak sesuai dengan manfaat kerja dan keahlian yang mereka lakukan. Mereka terzalimi, dan pemilik perusahaan pada kasus ini selalu ingin memiliki keuntungan besar,” jelasnya.

Fajar mengurai solusi bahwa negara seharunsya bertanggung jawab mengendalikan Politik Ekonomi dengan jaminan kesejahteraan kepada para pekerja dan seluruh masyarakat.

“Negara wajib bertanggung jawab atas kemampuan dan kesejahteraan dasar pekerja, yakni persoalan keperluan primer pekerja, seperti sandang, pangan, kesehatan, dan pendidikan. Namun negara dalam sistem Kapitalis abai dalam persoalan ini,” tegasnya.

Penentuan upah kerja dalam Islam, kata dia pada prinsipnya murni antara pekerja dengan pengusaha dengan melihat aspek manfaat dari kerja langsung atau manfaat keahlian.

“Karena kontrak kerja pada prinsipnya adalah transaksi atas manfaat manfaat kerja fisik langsung atau pun keahliandengan sebuah kompensasi. Jadi upah pada prinsipnya ditakar dari manfaat pekerjaan atau keahlian seseorang, tidak dikaitkan dengan taraf kehidupan minimal seseorang, atau dengan harga-harga barang yang ada,” pungkasnya. [joel]



COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: Analis PKAD Jelaskan Persoalan Standar Upah dan Kesejahteraan
Analis PKAD Jelaskan Persoalan Standar Upah dan Kesejahteraan
https://1.bp.blogspot.com/-GkkVks7VUTU/WcLHcAmTSdI/AAAAAAAAB-g/BiiOud6K9r8vFsTlBcBqaRbCpL8TwO68wCLcBGAs/s640/Fajar%2BK.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GkkVks7VUTU/WcLHcAmTSdI/AAAAAAAAB-g/BiiOud6K9r8vFsTlBcBqaRbCpL8TwO68wCLcBGAs/s72-c/Fajar%2BK.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/09/analis-pkad-jelaskan-persoalan-standar.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/09/analis-pkad-jelaskan-persoalan-standar.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy