Teknologi Nuklir Menjadi Kewajiban Negara Adidaya

SHARE:

Ilustrasi
BANGKITPOS.COM, Menurut R. Andhika Putra Dwijayanto, seorang asisten penelitian Teknologi Energi Nuklir penggunaan tekonologi nuklir bisa memberikan dampak yang positif dan juga sebaliknya. Hal demikian menurutnya tergantung dari bagaimana menggunakannya.
"Tergantung bagaimana mereka menggunakan teknologi nuklirnya. Kalau cuma rekayasa radiasi dan keperluan medis, rasanya sih tidak ada pengaruh apa-apa. Tapi kalau penguasaannya hingga teknologi energi, siklus bahan bakar hingga senjata, baru pengaruhnya besar, " ujarnya kepada BANGKIT POS Jumat, 24 Agustus 2017.

Menurutnya penguasaan senjata nuklir membuat kondisi dunia jadi tegang. Teror Hiroshima dan Nagasaki cukup menghantui orang-orang akan daya hancur senjata nuklir yang luar biasa. Tidak ada yang mau kejadian di Hiroshima dan Nagasaki terulang lagi. "Saya pun tidak mau, kalau tidak terpaksa sekali, " tuturnya.

Hal lain yang juga disampaikan Andhika adalah bahwa dalam sudut pandang lain, eksistensi senjata nuklir juga mengakibatkan, yang menurutnya disebut dengan istilah ‘kedamaian yang canggung’. Contoh kasus Pakistan dan India yang terlihat sejak dulu mengalami konflik atau oerang. 

Ini disebabkan karena kedua negara, bak India ataupun Pakistan sama-sama jaga jarak dan berhati-hati. Saat ini, justru itulah menurutnya kekuatan dari senjata nuklir. Istilahnya adalah deterrence, yaitu penguasaan akan senjata nuklir membuat negara lain berhati-hati kalau mau bertindak.

"Jadi agak serba salah juga. Mau menguasai senjata nuklir, tapi itu bikin ketegangan dan kekhawatiran di mana-mana. Mau tidak menggunakan senjata nuklir, lha negara-negara besar yang menguasai dunia saat ini punya semua. Tapi kalau mau menantang hegemoni politik global saat ini, penguasaan akan senjata nuklir mau tidak mau harus dilakukan. Karena nyatanya mereka memang punya senjata nuklir dan tidak ada niat untuk melucutinya. Negara adidaya baru yang ingin melawan hegemoni negara adidaya saat ini mesti memiliki senjata nuklir juga. Itu sudah kewajiban, " imbuhya.

Andhika menjelaskan jika kemudian ada negara adidaya baru yang juga memiliki senjata nuklir dan kekuatan politik maka bisa menjadi pihak yang melebihi negara adidaya saat ini.

Menurutnya kalau soal teknologi energinya, maka energi nuklir adalah satu-satunya jalan feasible untuk bisa mencapai zero emissions. Dia melihat sekarang sedang terjadi pemanasan global dan perubahan iklim, akibat peradaban kapitalistik dan sangat kecanduan dengan energi fosil. Kalau tidak dihentikan menurutnya, penggunaan energi fosil ini akan menyebabkan bencana iklim, paling cepat pertengahan abad, paling lambat akhir abad ini. 

"Sekarang saja sudah terasa. Cuaca makin ekstrem. Sebagian pesisir sudah terendam. Gelombang panas dan badai di belahan bumi lain makin menggila. Dampak sosio-politik dari pemanasan global dan perubahan iklim itu sama sekali tidak ringan. Seluruh dunia bisa terjebak total chaos, " uangkapnya.
Solusi dari Andhika adalah dengan energi bersih yang tidak melepaskan gas rumah kaca ke atmosfer, yaiut energi nuklir. Artinya energi nuklir dan yang orang-orang sebut sebagai “energi terbarukan”, walau istilah ini menurutnya sebenarnya tidak tepat. Dari sini baginya, yang bisa menjadi tulang punggung utama untuk menggantikan energi fosil hanya energi nuklir. Energi hidro (air) dan panas bumi tidak bisa digunakan di semua tempat. Sementara, energi bayu (angin) dan surya (matahari) tidak bisa beroperasi dengan reliabel

"Penguasaan dan penerapan masif teknologi energi nuklir oleh sebuah negara, apalagi negara adidaya, akan menjadi contoh positif bagi negara-negara lain untuk melakukan dekarbonisasi total pada sistem energinya. Selain itu, tentu saja, dunia akan mendapat harapan untuk mencegah dampak mengerikan bencana iklim, " pungkasnya. [ar]




COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: Teknologi Nuklir Menjadi Kewajiban Negara Adidaya
Teknologi Nuklir Menjadi Kewajiban Negara Adidaya
https://2.bp.blogspot.com/-DcepsdC-hIE/WZ_sie-eQhI/AAAAAAAAAwo/X8675rmEZBkXaVWHT9UeB2_hxyhVu7JXQCLcBGAs/s640/maxresdefault%2B%25281%2529.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-DcepsdC-hIE/WZ_sie-eQhI/AAAAAAAAAwo/X8675rmEZBkXaVWHT9UeB2_hxyhVu7JXQCLcBGAs/s72-c/maxresdefault%2B%25281%2529.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/08/teknologi-nuklir-menjadi-kewajiban.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/08/teknologi-nuklir-menjadi-kewajiban.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy