Skandal “Gereja Bethany” Surabaya, Pendeta Gelapkan Dana Gereja 4,7 Trilliun Terancam Penjara

SHARE:

Ilustrasi
BANGKITPOS.COM, SURABAYA - Polemik yang terjadi di Gereja Bethany surabaya makin meruncing, terkait adanya dugaan kasus penggelapan aset jemaat Gereja Bethany, pencucian uang (Money Loundry) sebesar 4,7 trilliun, serta adanya dugaan pemalsuan akte pendirian gereja, yang diduga kuat dilakukan gembala sidang gereja terbesar di surabaya,Pdt. Abraham Alex Tanuseputra.

Goerge Handiwiyanto, SE, SH, MH, saat berkunjung ke Polda Jatim belum lama ini , selaku kuasa hukum Pdt Ir Leonard Limato yang juga salah seorang pendiri gereja Bethany tersebut jelas menunjukkan keseriusan pihak pendiri gereja ,dalam pengusutan dana gereja yang tidak pernah dilaporkan Pdt. Abraham Alex Tanuseputra pada para pendiri serta pengurus Bethany.

Menurut George Handiwiyanto, saat ditemui usai kunjungannya ke Polda Jatim beberapa waktu lalu, mengatakan,”Skandal pengelolaan keuangan Jemaat Gereja Bethany Indonesia Yang berada di Kawasan Pemukiman Nginden Intan Timur Surabaya itu, sudah berlangsung lama . Sejak tahun 2007 sudah Muncul kabar-kabar tidak sedap , namun tidak adanya laporan keuangan yang seharusnya dilaporkan Pdt tersebut.

“Klien kami waktu itu masih memiliki etikat baik untuk menyelesaikan kasus ini secara kekeluargaan dan masih menggunakan cara-cara persuasif, sebab menyangkut uang jemaat yang diperuntukan bagi pekerjaan Tuhan, bukan uang milik pribadi Pdt.Abraham Alex Tanuseputra dan keluarganya .

Bahkan pihaknya juga pernah melayangkan Surat SOMASI Ke Pdt Abraham Alex tertanggal 16 Januari 2013 bernomor: 1508/Somasi/A/I/2013. Lalu SOMASI Ke Pdt David Aswin Tanuseputra, gigi tanggal 16 Januari 2003, Nomor: 1509/Somasi/A/I/2013. Dan kami kirimkan ke alamat Pdt Abraham Dan Pdt David Aswin, di Jl.Manyar Rejo II. No 30 Surabaya.

Namun , sayangnya permintaan pertanggungjawaban secara organisatoris yang dilakukan klien kami dengan cara-cara santun ini, disepelekan dan tidak adanya Etikad baik Dari Pdt. Abraham Alex Tanuseputra, bahkan kamipun meningkatkan kasus ini ke kementerian Agama agar memediasi hal ini, namun lagi-lagi pendeta Alex tidak hadir saat itu.

Maka dalam mencari kebenaran dan keadilan, alhasil klien kami yang juga pendeta, meningkatkan pengusutan kasus ini ke rana hukum guna mendapatkan keadilan, dengan melaporkan Pdt.Abraham Alex Tanuseputra ke aparat kepolisian dengan sangkaan tuntutan secara perdata dan pidana.

Kita tunggu saja bagaimana nantinya sikap yang diambil Pdt. Abraham Alex Tanuseputra, setelah laporan yang kami layangkan tersebut, apakah masih bersikeras membela diri atau mau duduk bersama dalam menyelesaikan kasus ini secara bijaksana dan mau mengembalikan uang jemaat sebesar 4,7 Trilliun yang diduga digelapkannya, dan mau memberikan semua laporan keuangan gereja yang seharusnya peruntukkannya digunakan bagi kemuliaan nama Tuhan, namun kalau beliau masih saja keras kepala maka saya yakinkan beliau akan terancam 20 tahun penjara nantinya,” ungkap pengacara yang juga dikenal sebagai aktivis hiburan malam, olahraga dan aktif dalam berbagai kegiatan-kegiatan dilingkungan sosial kemasyarakatan. [dtk]



*** < [] > ***


Catatan Redaksi BANGKIT POS:

1. Ini adalah berita lama yang diambil dari https://www.deliknews.com/2013/02/27/skandal-gereja-bethany-surabaya-pendeta-gelapkan-dana-gereja-47-trilliun-terancam-penjara/
2. Redaksi sangat berterima kasih kepada deliknews.com telah memberikan sajian informasi yang dapat digunakan sebagai pesan agar persatuan dalam bingkai toleransi terwujud.
2. Tidak ada maksud apa-apa, terlebih maksud SARA dan unsur pelanggaran lainnya.
3. Redaksi hanya ingin berpesan dari peristiwa lama ini, di tengah situasi yang sedang memperbincangkan tentang toleransi dan lainnya. Perlu kami sampaikan pesan, maksud dan pandangan redaksi BANGKIT POS:
"Bahwa tindakan kriminal atau melanggar norma itu adalah salah, jika terbukti. Dan tidak ada kaitannya dengan agama atau keyakinan apapun, murni oknum. Dan hal tersebut menjadi wewenang pihak yang berwajid. Hanya saja seringkali ketika yang tertuduh adalah orang Islam. Banyak pihak-pihak yang memanfaatkan dengan melakukan "bully", "nyi-nyir, "menghina", "pembunuhan karakter" dan lainnya. Semoga kita semua tidak termasuk dari pihak-pihak tersebut, karena justru memecah belah. Demikian catatan ini redaksi sampaikan agar tidak ada salah paham. Terima kasih dan sekian."
Salam sinergi demi perbaikan negeri ! 
Lampiran:




COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: Skandal “Gereja Bethany” Surabaya, Pendeta Gelapkan Dana Gereja 4,7 Trilliun Terancam Penjara
Skandal “Gereja Bethany” Surabaya, Pendeta Gelapkan Dana Gereja 4,7 Trilliun Terancam Penjara
https://3.bp.blogspot.com/-kiCHBD0HpJA/WaMegknUe1I/AAAAAAAAA6g/iJCSRkka0I0HUMdHl-ksKaW0UW3nk_2oACLcBGAs/s640/polda-jabar-ungkap-korupsi-rp38-7-miliar-bermodus-kredit-ktio01ZMZV.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-kiCHBD0HpJA/WaMegknUe1I/AAAAAAAAA6g/iJCSRkka0I0HUMdHl-ksKaW0UW3nk_2oACLcBGAs/s72-c/polda-jabar-ungkap-korupsi-rp38-7-miliar-bermodus-kredit-ktio01ZMZV.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/08/skandal-gereja-bethany-surabaya-pendeta.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/08/skandal-gereja-bethany-surabaya-pendeta.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy