Pengamat Sebut Krisis Listrik Karena Ekonomi Liberal

SHARE:

Fajar Afifudin dari LARAS
BANGKITPOS.COM, Pencabutan subsidi untuk golongan pelanggan 900 VA menimbulkan polemik di masyarakat. Setelah pengguna listrik 900 VA yang mampu telah selesai dicabut subsidinya pada Mei 2017, maka untuk Juli 2017 pelanggan yang berjumlah 18,1 juta tersebut akan mengikuti skema tarif adjustment. Dengan begitu, pembentukan tarif mengikuti inflasi, harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP), dan kurs dolar Amerika Serikat (AS) terhadap Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Fajar Afifudin dari Lingkaran Analisis (LARAS) mengatakan bahwa bahwa upaya pemerintah untuk mengurangi subsidi dengan menaikkan harga jual jelas merupakan tindakan yang dzalim sebab kesalahan pemerintah ditimpakan kepada rakyatnya.

“Pasalnya sebagian besar penyebab membengkaknya subsidi listrik akibat kesahalan pemerintah sendiri baik akibat pengelolan energi yang berpihak kepada swasta/asing dan inefisiensi ditubuh PLN sendiri. Lebih dari itu, upaya pencabutan subsidi listrik merupakan upaya sistematis pemerintah untuk memuluskan langkah liberalisasi di sektor kelistrikan,” ujar Fajar sebagaimana dikuti dari berkibarnews.com Senin, 21 Agustus 2017.

Fajar mengungkapkan dengan liberalisasi sektor kelistrikan maka semakin banyak pihak swasta yang dapat terlibat dalam bisnis kelistrikan dan peran pemerintah menjadi lebih minimal.

“Persoalan kelistrikan nasional saat ini merupakan dampak dari penerapan sistem ekonomi liberal. Ini bahaya,” tuturnya sebagaimana dikuti dari berkibarnews.com.

Menurut Fajar, kebijakan energi yang memberikan peluang kepada swasta untuk mengelola dan menguasai sumber energi seperti minyak bumi, gas dan batu bara; pemberian kewenangan kepada swasta untuk memproduksi listrik dengan sumber energi yang berasal dari barang publik yang kemudian menjualnya kepada PLN dengan harga ekonomis; pengelolaan listrik dikelola oleh badan perseroan yang motif utamanya adalah mencari keuntungan.

“Konsekuensinya, pelayanan hanya diberikan kepada mereka yang mampu untuk membayar; biaya yang ditetapkan PLN untuk mengkonsumsi listrik baik biaya pemasangan maupun pemakaian per kwh pada faktanya membuat sebagian rakyat tidak mampu untuk mendapatkan aliran listrik dan sebagian lagi kesulitan untuk membayarnya,” imbuhnya sebagaimana dikuti dari berkibarnews.com.

Lebih jauh Fajar menguraikan tentang profit penjualan listrik yang dikelola oleh PLN saat ini selain digunakan sebagai dana operasional perusahaan, juga disetorkan ke negara dan dicampur dengan sumber pendapatan lain untuk digunakan pada berbagai urusan kenegaraan seperti membayar hutang dan membayar gaji pegawai.

“Proyek pengembangan listrik yang dilakukan oleh pemerintah banyak bergantung pada utang luar negeri,” pungkas Fajar sebagaimana dikuti dari berkibarnews.com. [riko]

COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: Pengamat Sebut Krisis Listrik Karena Ekonomi Liberal
Pengamat Sebut Krisis Listrik Karena Ekonomi Liberal
https://4.bp.blogspot.com/-n1gqzvnBvKQ/WZpe70R8u0I/AAAAAAAAAek/gRhVdVa6B5cpd9OKK5eReND3AJncbezOACLcBGAs/s640/_20170821_101908.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-n1gqzvnBvKQ/WZpe70R8u0I/AAAAAAAAAek/gRhVdVa6B5cpd9OKK5eReND3AJncbezOACLcBGAs/s72-c/_20170821_101908.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/08/pengamat-sebut-krisis-listrik-karena.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/08/pengamat-sebut-krisis-listrik-karena.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy