Pemerintah Dinilai Tak Bisa Buktikan Konstitusionalitas Perppu Ormas

SHARE:

Tim advokasi Ormas Islam
BANGKITPOS.COM, JAKARTA - Sidang permohonan pengujian Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 2017 tentang perubahan UU nomor 7 tahun 2013 atau Perppu Ormas dilanjutkan hari ini, di Mahkamah Konstitusi, Rabu (30/8) dengan agenda mendengarkan Jawaban Pemerintah dan pihak terkait tidak langsung.

Koordinator Persidangan dari Tim Advokasi Ormas Islam untuk Keadilan m, sebagai pihak Pemohon, Rangga Lukita Desnata menilai dari sidang ini, Pemerintah terlihat gagal dalam mengendalikan konstitusionalitas Perppu Ormas.

“Bahwa dalam Jawaban Pemerintah tidak menyebutkan salah satu Pemohon yang memberikan kuasa kepada kami, yakni H Munarman, SH, adalah kesalahan dan kecerobohan fatal, yang membuat dipertanyakannya keseriusan pemerintah menjawab permohonan Pemohon,” terang Rangga.

Selain itu, lanjut Rangga Pemutaran potongan video yang berisi ceramah dalam acara salah satu Ormas Islam yang mengawali Jawaban Pemerintah sangat disesalkan karena selain tidak relevan, terkesan pemerintah melakukan propaganda serta tidaklah sah karena tidak didaftarkan terlebih dahulu sebagai bukti Termohon. Ini menunjukan kurang pahamnya pemerintah mengenai hukum acara MK, membuktikan pula watak arogansi pemerintah yang terbiasa menabrak dan melanggar aturan hukum.

“Kemudian, materi Jawaban Pemerintah kami lihat hanya sekedar copy-paste dari penjelasan Perppu dan tidak menjelaskan secara jelas dan rinci mengenai kegentingan memaksa apa yang menyebarkan perlu dikeluarkan Perppu Ormas,” lanjut Rangga.

Kemudian, Rangga menambahkan, pemerintah menyebutkan tentang jumlah ormas yang ada di Indonesia, akan tetapi tidak ada satupun ormas yang diadili atau diputus oleh pengadilan ormas-ormas tersebut bertentangan dengan Pancasila.

“Lalu Pemerintah mengatakan khawatir tidak diaturnya paham lain yang sejenis dengan komunisme, leninisme, dll, tapi tidak menyebutkan dengan jelas paham apa yang sejenis itu yang dikhawatirkan bertentangan ideologi Pancasila,” tegas Rangga.

Kemudian, lanjut dia dalil tentang kekosongan hukum sangat mengada-ada, karena dalam UU ormas yang lama sudah mengatur hal-hal yang diperlukan bahkan lebih lengkap daripada pengaturan di Perppu Ormas.

Yang terakhir, mengenai pihak terkait, pihaknya berpendapat bahwa mereka tidak memiliki kepentingan hukum sama sekali, karena mereka bukanlah ormas, anggota ormas atau kuasa hukum yang mewakilinya, bahkan dalil dalam permohonannya mengada-ngada dan cenderung menjilat penguasa.

“Berdasarkan uraian di atas terbukti bahwa Pemerintah telah gagal mendalilkan konstitusionalitas Perppu Ormas,” pungkas Rangga. [sm]

COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: Pemerintah Dinilai Tak Bisa Buktikan Konstitusionalitas Perppu Ormas
Pemerintah Dinilai Tak Bisa Buktikan Konstitusionalitas Perppu Ormas
https://3.bp.blogspot.com/-z4J0Lhe5o_4/WadNwazr9nI/AAAAAAAABGU/EjDqmCBb2OgSLXzcaauByVWJ-CX0ewxjwCLcBGAs/s640/IMG-20170830-WA0054.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-z4J0Lhe5o_4/WadNwazr9nI/AAAAAAAABGU/EjDqmCBb2OgSLXzcaauByVWJ-CX0ewxjwCLcBGAs/s72-c/IMG-20170830-WA0054.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/08/pemerintah-dinilai-tak-bisa-buktikan.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/08/pemerintah-dinilai-tak-bisa-buktikan.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy