Manfaat Nuklir Bagi Kehidupan Sehari-hari

SHARE:

Ilustrasi
BANGKITPOS.COM, Energi nuklir masih menjadi perbincangan bahkan dalam skala global. Hal ini tidak lain karena adanya potensi konflik akibat adanya negara yang memiliki potensi nuklir. Salah satu yang sering muncul dalam media-media adalah Korea Utara. 

Bagi masyarakat awam, muncul banyak pertanyaan tentang nuklir. Salah satunya apakah nuklir memang berbahaya dan tidak memilki manfaat. Pertanyaa demikian muncul karena dalam opini yang berkembang atau dalam media jika nuklir selalu dikaitkan dengan konflik dan perang.

Kepada BANGKIT POS Jumat, 24 Agustus 2017 asisten Penelitian Teknologi Energi Nuklir sekaligus tergabung dalam Komunitas Muda Nuklir Nasional (Kommun), R. Andhika Putra Dwijayanto mengatakan tentang manfaat dari energi nuklir dalam kehidupan manusia jika digunakan dengan benar.

"Yang biasanya dikaitkan dengan peran negara itu pada dasarnya energi nuklir. Kalau dikatakan positif atau negatif, kembali lagi pertanyaannya, apakah pisau itu positif atau negatif? Tidak bisa dijawab begitu saja, karena benda itu netral. Jadi bernilai positif atau negatif ya tergantung bagaimana menggunakannya, " ujarnya.

Andhika menegaskan bahwa energi nuklir adalah tergantung dari bagaimana orang menyikapinya. Sebab menurutnya kehidupan manusia tidak pernah terlepas dari yang namanya energi.

"Energi nuklir itu salah satu bentuk energi. Maka penyikapannya adalah penyikapan kita terhadap energi. Bagaimana kita menyikapi energi? Nyatanya, hidup kita tidak pernah terlepas dari energi. Kita bergerak butuh energi. Kita mengendarai motor, butuh energi. Mengetik di komputer, itu butuh energi juga. Semua butuh energi dalam berbagai jenisnya, " imbuhnya.

Menurut Andhika Energi nuklir umumnya digunakan untuk keperluan pembangkitan listrik. Ke depannya, teknologi reaktor maju dapat pula dimanfaatkan untuk keperluan pemanasan ruang, sintetis bahan bakar, pembangkitan hidrogen, sampai proses termal industri. Untuk keperluan kelistrikan, energi nuklir menawarkan empat keunggulan khusus: murah, bersih, selamat dan sustainable.

Lebih jauh Andhika menjelaska paling tidak ada keuntungan atau manfaat yang bisa di dapat jika benar dalam menggunakan energi nuklir ini.

Pertama menurutnya energi nuklir murah. Keperluan bahan bakar nuklir untuk menghasilkan listrik sangat sedikit. Contoh, untuk penggunaan Indonesia, satu unit PLTN berdaya 1000 MWe cukup untuk kebutuhan lebih dari 4 juta rumah tangga selama setahun. Untuk menghasilkan daya sebesar itu, hanya dibutuhkan 200 ton uranium. Untuk perbandingan, PLTU batubara butuh 3-4 juta ton batubara untuk menghasilkan energi dalam jumlah yang sama, sementara gas alam butuh 800 juta-1,5 milyar m3. Plus, harga uranium murah. "Di pasaran malah sedang oversupply!" tuturnya.

Kedua energi nuklir bersih. Menurutnya ketika beroperasi, PLTN tidak melepaskan emisi gas buang sama sekali ke lingkungan. Tidak ada CO2, sulfur, nitrogen oksida, apalagi partikulat. PLTN tidak menghasilkan polusi udara yang sukses membuat Beijing jadi penuh kabut asap. Dan tentu saja, PLTN tidak berkontribusi dalam menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim. "Kita jarang sekali membahas dua hal terakhir ini, padahal pada konteks kekinian, dua topik ini sangat krusial sekali, " lanjutnya.

Ketiga menurut Andhika energi nuklir selamat. Korban jiwa yang disebabkan dari pemanfaatan energi nuklir itu sedikit sekali, bahkan paling sedikit dibanding moda energi lainnya. Kecelakaan nuklir terparah di Chernobyl hanya menyebabkan korban jiwa sekitar 60 orang dalam 30 tahun. Untuk komparasi, kebocoran PLTA Banqiao Dam di Cina menyebabkan lebih dari 170 ribu korban jiwa. Tahun 2013 kemarin, terjadi ledakan di tambang batubara di Turki, yang akibatnya sekitar 300 orang jadi korban jiwa. "Belum lagi korban jiwa akibat polusi udara dari batubara dan minyak bumi, " tandasnya.

Keempat energi nuklir itu sustainabel. Kembali lagi ke penggunaan bahan bakar yang sedikit. Reaktor nuklir konvensional hanya butuh 200 ton uranium alam dalam setahun, karena kandungan energinya besar sekali. Sementara, reaktor nuklir maju bahkan butuh kurang dari 1 ton uranium dalam setahun. "Kalau menggunakan reaktor maju, cadangan uranium dunia saat ini cukup untuk ribuan tahun ke depan. Itu belum termasuk thorium, " tambahnya.

Andhika melanjutkan jika uranium juga terlarut di lautan, walau konsentrasinya kecil. Kira-kira ada 6 milyar ton uranium di lautan di seluruh dunia mneurutnya. "Kita tidak mungkin mengambil semuanya, jelas. Tapi katakanlah 10%-nya saja, 600 juta ton, bisa dibilang energi nuklir itu tidak habis-habis selama ratusan ribu bahkan mungkin jutaan tahun ke depan, " tegasnya. [ar]

COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: Manfaat Nuklir Bagi Kehidupan Sehari-hari
Manfaat Nuklir Bagi Kehidupan Sehari-hari
https://4.bp.blogspot.com/-j2Fi6OKLiuw/WZ_FaVFg8YI/AAAAAAAAAvU/oOub_jKU5SM2gyu-1b8JXbMUnobKBqtnACEwYBhgL/s640/5-hal-mengerikan-ini-bakal-terjadi-bila-amerika-dihantam-bom-nuklir.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-j2Fi6OKLiuw/WZ_FaVFg8YI/AAAAAAAAAvU/oOub_jKU5SM2gyu-1b8JXbMUnobKBqtnACEwYBhgL/s72-c/5-hal-mengerikan-ini-bakal-terjadi-bila-amerika-dihantam-bom-nuklir.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/08/manfaat-nuklir-bagi-kehidupan-sehari.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/08/manfaat-nuklir-bagi-kehidupan-sehari.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy