Ketika KH Said Aqil Siradj Ingatkan Pentingnya Peradaban Islam

SHARE:

Ilustrasi
BANGKITPOS.COM, Dalam sebuah sambutan berupa pengantar oleh Prof. Dr. KH. Said Aqil Sirodj dari Buku Enslikopedi Peradaban Islam Dunia karya Dr. Syafii Antonio dan Tim Tazkia ada yang menarik perhatian. Buku ini sendiri launching pada sekitar bulan Februari 2012 lalu.

Di media-media sosial khususnya sekarang sedang banyak diperbincangkan tentang kata pengantar dari Ketua Umum PBNU ini. Hal ini disebabkan karena dalam kata pengantar tersebut beliau menceritakan tentang sejarah peradaban Islam, khususnya tentang Khilafah.

Khilafah sendiri hari ini masih menjadi perbincangan maunpun perdebatan. Lebih jauh, beliau di akhir pengantar menyebutkan adanya harapan agar umat Islam sadar mengenai pentingnya peradaban Islam masa lalu.

Berikut ini kata pengantar oleh Prof. Dr. KH. Said Aqil Sirodj dari Buku Enslikopedi Peradaban Islam Dunia karya Dr. Syafii Antonio dan Tim Tazkia yang redaksi dapatkan:

Kata Pengantar Ketua PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siradj

Bismillahirrahmanirrahiim

Peradaban Islam mulai terbangun ketika Rasulullah SAW berhasil menghimpun para pengikutnya dalam suatu pemerintahan Islam di Madinah. Berdirinya pemerintahan Islam Madinah yang merdeka dan berdaulat adalah hasil dari penantian dakwah yang lama dan berat di masa periode Makkah; 13 tahun.

Pada periode berikutnya, yaitu periode Madinah yang berlangsung sekitar 10 tahun, Nabi Muhammad SAW menerapkan dasar-dasar dari kehidupan sosial, ekonomi, militer, hukum dan ilmu pengetahuan secara legal formal melalui kehidupan berbangsa dan bernegara. Di akhir periode Madinah, sistem Islam pun disempurnakan.

“Pada hari ini telah Ku-sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS Al Maidah:3).

Periode Makkah (13 tahun) dan periode Madinah (10 tahun) adalah rentang waktu yang singkat untuk berhasil memegang kendali kekuasaan atas bangsa-bangsa yang lebih tua peradabannya di masa itu, khususnya Romawi, Persia dan Mesir. Faktanya, dalam masa kurang dari satu generasi ini, Nabi Muhammad SAW mampu melakukannya secara meyakinkan. Tak heran jika kemudian banyak orientalis yang memuji prestasinya.

Seorang filosof serta sejarawan yang bernama Dr Gustave Le Bone, pernah menuliskan, “Dalam satu abad atau 3 generasi, tidak ada bangsa-bangsa dapat mengadakan perubahan yang berarti... Muhammad El-Rasul sudah dapat mengadakan suatu masyarakat baru dalam tempo (kurang dari) satu generasi (23 tahun) yang tidak dapat ditiru atau diperbuat oleh orang lain.”

Pasca periode Madinah, umat Islam mengalami suatu fase kehidupan sosial budaya yang lebih beragam dan cepat. Hal ini terjadi seiring meluasnya wilayah Islam serta terbentuknya pemerintahan di bawah sistem kekhalifahan yang berada di berbagai wilayah di dunia.

Dimulai semasa kehalifahan Khulafaur Rasyidin, terutama semasa Umar bin Khatab, wilayah Islam semakin meluas hingga ke Yerusalem. Perluasan wilayah pun gencar dilakukan di masa periode Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus (661-750 M). Selama lebih kurang 90 tahun, Dinasti Bani Umayyah memprioritaskan pada perluasan wilayah kekuasaan hingga ke Eropa.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sempat mengalami perkembangan yang pesat.

Kemudian, di erah Kekhalifahan Bani Abbasiyah (132H/750 M-656H/1258 M) dan di masa-masa berikut hingga berakhirnya Kehalifahan Turki Utsmani yang berpusat di Istambul, adalah rentang sejarah yang cukup lama dalam membangun serta memajukan sebuah peradaban. Terlepas dari situasi politik, keamanan internal, serta peperangan yang sempat berlangsung di dalam pemerintahan atau wilayah Islam, peradaban Islam tetap menunjukkan peran dan pengaruh yang besar bagi dunia.

Pada masa Khilafah Utsmani, misalnya, para ahli sejarah sepakat bahwa zaman Khalifah Sulaiman Al-Qanuni (1520-1566 M) merupakan zaman kejayaan dan kebesaran yang pada masanya telah jauh meninggalkan negara-negara Eropa, baik di bidang militer, sains maupun politik. Bahkan pada abad ke-16 dan ke-17, Kekhalifahan Utsmaniyah menjadi salah satu kekuatan utama dunia dengan angkatan lautnya yang kuat. 

Sayangnya, konflik serta melemahnya semangat persatuan umat dan jihad, membuat kehebatan Kekhalifahan Turki Utsmani terkikis. Hingga akhirnya, pada abad ke-20, kekhalifahan Islam runtuh di muka bumi. Pasukan musuh berhasil menumbangkan sustem khilafah sekaligus kekhalifahannya, baik melalui lobi-lobi politik provokasi mereka, maupun melalui kekuatan bersenjata.

Dengan membaca “Ensiklopedi Peradaban Islam Dunia”, kita seperti menjelajahi dunia Islam di masa lampau ketika agama ini diterima, tumbuh dan berkembang di berbagai negara, hingga beragam peristiwa sejarah lain yang menyertainya. Dengan membacanya, semoga, tumbuh kesadaran di hati umat Islam mengenai pentingnya membangun peradaban Islam yang unggul seperti pernah terjadi di masa lalu.

Akhirul kata, kami sangat menghargai, sekaligus mengucapkan selamat kepada Dr M Syafii Antonio Mec beserta tum atas terbitnya buku yang sangat bermutu ini.

Jakarta, 9 Februari 2012

[ttd dan cap PBNU]
KH Dr Said Aqil Siradj

COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: Ketika KH Said Aqil Siradj Ingatkan Pentingnya Peradaban Islam
Ketika KH Said Aqil Siradj Ingatkan Pentingnya Peradaban Islam
https://1.bp.blogspot.com/-AdOe1CZExaU/WZuB4__OY0I/AAAAAAAAAiw/ar45xURJT2MNTs1ecvzMP8UeatljYRoJgCLcBGAs/s640/Ensiklopedia_Peradaban_Islam__EPI__oleh_Dr_Muhammad_Syafii_A.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-AdOe1CZExaU/WZuB4__OY0I/AAAAAAAAAiw/ar45xURJT2MNTs1ecvzMP8UeatljYRoJgCLcBGAs/s72-c/Ensiklopedia_Peradaban_Islam__EPI__oleh_Dr_Muhammad_Syafii_A.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/08/ketika-kh-said-aqil-siradj-ingatkan.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/08/ketika-kh-said-aqil-siradj-ingatkan.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy