Gelombang Penolakan Perppu Ormas 2/2017 Semakin Deras Mengalir

SHARE:

Aksi Aliansi Ormas dan Umat Islam Jabodetabek pada 18 Juli 2017
BANGKITPOS.COM, Pemerintah telah mengumumkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang Ormas 2/2017 Rabu, 12 Juli 2017. Pengumuman Perppu tersebut dilakukan melalui Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto.

Baca juga:
Lutfi Sarif: Tolak Perppu Ormas dan Kebangkitan PKI
Perppu Ormas Mendapat Penolakan dari Banyak Tokoh
Amien Rais Sebut Perppu Ormas Sebagai Perppu Kebencian

Selang seminggu kemudian pada Rabu 19 Juli 2017, Menteri Hukum dan HAM mencabut status badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Pengumuman pencabutan status badan hukum HTI tersebut dibacakan oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Freddy Harris di Kantor Dirjen Imigrasi di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.

Baca juga: 
Irman Putra Sidin: Konstitusi akan Terancam, Perppu Ormas Tak Memberikan Kepastian Hukum
Mahfud: Kita Ingatkan DPR Untuk Menolak Perppu Ormas

Freddy Harris mengatakan jika pencabutan status badan hukum HTI dilakukan berdasarkan data dan fakta. Hal ini disampaikan saat jumpa pers di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu 19 Juli 2017.

Baca juga:
Kritik Jokowi, Amien Rais: Umat Islam Janganlah Didiskriminasi
Aktivis: Perppu Ormas Mengusik Rasa Keadilan

"SK pencabutan status badan hukum HTI dilakukan berdasarkan data dan fakta serta koordinasi dari seluruh instansi yang dibawa koordinasi Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan," ujar Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkum HAM Freddy Harris.

Baca juga:
Yusril Beberkan Ketimpangan Pemerintah Bubarkan HTI
IJM Tolak Perppu Ormas

Namun berbeda dengan pihak pemerintah, Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra menjelaskan jika pasal-pasal dari Perppu Ormas ini justru bertentangan dengan konstitusi.

Baca juga:
Saksi Ahli Heran, "Bagaimana Mungkin Ajaran Tuhan Dikatakan Anti-Pancasila?"
Pengamat Sebut Perppu Ormas Ancam Perserikatan Buruh

“Secara formil kami berdalil bahwa tidak cukup alasan hal ihwal kegentingan memaksa untuk mengeluarkan Perppu ini dan secara materil pasal-pasal dari Perppu ini bertentangan dengan konstitusi, menghilangkan peran pengadilan dalam membubarkan ormas, " ujarnya dalam temu tokoh yang di laksanakan Aliansi Ormas dan Umat Islam Jabodetabek di Hotel Harris, Jakarta Selatan, Selasa 22 Agustus 2017.

Baca juga:
Anggota HTI: Khilafah Hanya Bagian dari Dakwah
BARA Dukung Aksi 299 dan Tolak Perppu Ormas

Dalam kesempatan yang sama, Mantan Staf Ahli Panglima TNI, Brigadir Jenderal TNI (Purn) Adityawarman mengatakan Perppu No 2 tahun 2017 ini jelas-jelas mematikan suara kritis di tengah-tengah masyarakat. Terutama suara umat islam yang mayoritas di negeri ini yang kritis terhadap pemerintah.

Baca juga: Ahli Hukum Pidana Materil: Perppu Ormas Menodai Agama

Menurutnya, Perppu ini meniadakan hukum. Mestinya ormas harus dibubarkan lewat undang-undang dan melewati beberapa tahapan proses, termasuk proses pengadilan.

Baca juga: Ismail Yusanto: Perppu Ormas Juga Menyerang Ajaran Islam

“Proses ini tidak dilakukan, katanya negara hukum, yang menonjol hari ini kekuasaannya bukan hukumnya, yang jelas Perppu ini memberangus kebebasan terutama umat islam yang kritis,” jelasnya dalam acara temu tokoh yang diselenggarakan Aliansi Ormas dan Umat Islam, Selasa 22 Agustus 2017

Baca juga: Anggota DPR Marah Mendagri & Menkum HAM Malah Absen Saat Bahas Perppu Ormas

Persoalan terkait Perppu Ormas ini memang menuai banyak kritikan dan bahkan penolakan. Penolakan terjadi oleh berbagai kalangan, baik berupa aksi-aksi, tulisan maupun berupa komentar terhadap Perppu Ormas 2/2017 ini. Berikut beberapa bukti makin derasnya penolakan elemen masyarakat terhadap Perppu Ormas 2/2017 ini yang banyak tersebar di pemberitaan dan media sosial:

Baca juga: Penolakan Terhadap Perppu Ormas 2/2017 Makin Mengalir, Ini Buktinya

1. Sekitar 20 ribu orang yang tergabung dalam Aliansi Ormas dan Umat Islam Jabodetabek melakukan aksi menolak Perppu Ormas 2/2017 di depan Monas pada Selasa 18 Juli 2017.

Baca juga: Aksi Damai Aliansi Ormas dan Umat Islam Se-Jabodetabek Tolak Perppu No 2 Tahun 2017



2. Ratusan massa yang tergabung dalam Kelompok Peduli Hukum Surabaya berunjuk rasa di depan Gedung Grahadi, Surabaya, Jawa Timur pada Jumat, 21 Juli 2017.

Baca juga: Tolak Perppu Ormas, Ratusan Massa Demo di Depan Grahadi



3. Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI) dan beberapa ormas di Indonesia melakukan aksi gerakan massa pada Jumat 28 Juli 2017 atau disebut aksi 287.

Baca juga:
Tolak Perppu Ormas, GNPF MUI akan Gelar Aksi 287
Poin Penting Aksi Aliansi Ormas dan Umat Islam Jabodetabek Tolak Perppu Ormas



4. Sekitar sepuluh ribu umat Muslim yang tergabung dalam Forum Komunikasi Ulama Aswaja (FKUA) menggelar aksi menolak Perppu Ormas 2/2017 di gedung DPRD Jawa Timur, Jalan Indrapura, Surabaya, Jumat 11 Agustus 2017.

Baca juga:
Ribuan Muslim Jatim Gelar Aksi Tolak Perppu Ormas
Tolak Perppu Ormas, Ribuan Umat Islam Menggelar Aksi di DPRD Jatim
FKU Aswaja Jawa Timur Menggelar Aksi Damai Tolak Perppu




5. Ribuan orang melakukan aksi tolak Perppu Ormas Nomor 2/2017 di depan Gedung Sate Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat 11 Agustus 2017.

Baca juga: Ribuan Orang Gelar Aksi Tolak Perppu Ormas



6. Beberapa ulama Sulsel mendatangi kantor DPRD Sulsel, Senin 14 Agustus 2017. Mereka antara lain KH Said Abdul Shamad Lc (Ketua LPPI), Ustaz Saiful Kasim (KB-PII), Ustaz Nasruddin Linggi Allo, Ustaz Mujahid Abd Jabbar Lc MA (mubalig/dosen), dan KM Abd Muis Karim, sekretaris Aliansi Umat Islam Bersatu Tolak Perppu. Mereka beserta peserta aksi menolak Perppu Ormas 2/2017.

Baca juga: Datangi DPRD Sulsel, Ulama Desak Pemerintah Cabut Perppu Ormas



7. Aksi yang tergabung dalam Aliansi Silaturahim Jogja Bergerak (ASJB) di depan gedung DPRD DIY, Jalan Malioboro, pada Rabu 16 Agustus 2017 menolak Perppu Ormas 2/2017.

Baca juga: Tolak Perppu Ormas, Mahasiswa Gelar Aksi di DPRD DIY




8. Aksi menolak Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) No 2 Tahun 2017 tentang Ormas kembali berlangsung di Medan, Jumat 18 Agustus 2017. Aksi ini tergabung dalam Forum Islam Bersatu (FIB) dan Aliansi Mahasiswa Muslim Bersama Umat (AMMBU) melakukan long march dari Masjid Agung Medan, dan menyampaikan penolakannya di gedung DPRD Sumut. Sejumlah 13 Organisasi di Medan menolak Perppu Ormas 2/2017 ini.

Baca juga: 13 Organisasi di Medan Tolak Perppu Ormas



9. Aliansi Ormas dan Umat Islam Jabodetabek melakukan aksi di depan gedung DPR/MPR pada Senin 21 Agustus 2017. Mereka menuntut DPR tidak mengesahkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 menjadi undang-undang.

Baca juga:
Aliansi Ormas Islam Desak DPR Batalkan Perppu Ormas
Tolak Perppu Ormas Jadi UU, Massa Aliansi Umat Islam Demo DPR
Massa Demo Ancam Tidak Pilih Parpol Pendukung Perppu Ormas





10. Sekitar seratus ulama, kiyai dan habaib serta pengasuh pondok pesantren se Jabodetabek berkumpul di Hotel Harris, Manggarai, Jakarta, menyatakan menolak Perpu Nomor 2 Tahun 2017 pada Selasa 22 Agustus 2017. Mereka mendesak fraksi-fraksi di DPR untuk menolak pengesahan Perpu tersebut dan mohon kepada Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan Perpu itu.

Baca juga: Aliansi Ormas Islam Se-Jabodetabek Teken Petisi Menolak Perppu 2/2017




11. Sabtu malam (26/8/2017) sejumlah ulama dan tokoh umat Islam yang tergabung dalam Forum Ulama dan Tokoh (FUT) DIY berkumpul di kediaman shahibul fadhilah al mukarrom KH. Thoha Abdurahman, ketua MUI DIY. Para Ulama dan Tokoh (FUT) Yogyakarta Keluarkan Petisi Tolak Perppu Penghalang Dakwah.

Baca juga: Forum Ulama dan Tokoh (FUT) Yogyakarta Keluarkan Petisi Tolak Perppu Penghalang Dakwah






12. Tokoh, Ulama dan Aktivis Islam Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas Serta Cilacap Teken Petisi Tolak Perppu Ormas 2/2017 pada 27 Agustus 2017.

Baca juga: Tokoh, Ulama dan Aktivis Islam Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas Serta Cilacap Teken Petisi Tolak Perppu Ormas 2/2017






13. Seruan aksi 1 Juta massa menolak Perppu Ormas, yang disampaikan oleh Sekjen Aliansi Ormas dan Umat Islam Jabodetabek, Ustadz Irwan Syaifullah.

Baca juga: [VIDEO] Seruan Aksi 1 Juta Massa Kepung DPR Menolak Perppu Ormas 2/2017


14. Ulama dan Tokoh Kota Banjar menyatakan menolak tegas Perppu No.2 Tahun 2017 dan meminta kepada anggota DPR RI untuk menolak perppu tersebut. Hal ini menjadi agenda pertemuan para Tokoh dan Ulama Kota Banjar yang membahas tentang Perppu No.2 Tahun 2017. Agenda ini diadakan pada hari Rabu malam (30/08/2017), di Pondok Pesantren Fathurrohman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Baca juga: Ulama dan Tokoh Kota Banjar Menilai Perppu Ormas 2/2017 Bisa Mengekang Dakwah



15. Rabu, 30 Agustus 2017 telah terselenggara acara Mudzakarah Ulama dan Tokoh Di Ponpes Miftahul Ulum Cipatat Kabupaten Bandung Barat (KBB) dengan seruan menolak Perppu Ormas Nomor 2 Tahun 2017.

Baca juga: Ulama dan Tokoh Bandung Barat Serukan Tolak Perppu Ormas 2/2017


16. Ulama Kabupaten Bandung tegaskan Perppu Ormas sangat berbahaya. “Perppu Ormas No.2 tahun 2017 sangat berbahaya bagi seluruh kaum Muslimin karena di dalamnya ada ketentuan yang bersifat karet seperti pada pasal 59-3 yaitu penyebaran paham lain yang dianggap bakal mengganggu Pancasila dan UUD 1945.

Baca juga: Ulama Kabupaten Bandung Tegaskan Perppu Ormas Sangat Berbahaya



17. Para Ulama dan Tokoh dari berbagai daerah di Kabupaten Pangandaran berkumpul untuk membahas tentang Perppu No.2 Tahun 2017 Tentang pembubaran ormas, pada hari Sabtu malam (2/9) di kediaman Ustadz Rosadi, salah satu Ulama sekaligus tokoh masyakarat Cigugur, Pangandaran.

Baca juga: Seruan Penolakan Perppu Ormas Terdengar Hingga Pangandaran



18. Sabtu, 9 September 2017 FKMI (Forum Kajian Mahasiswa Indonesia) bekerja sama dengan BKLDK Nasional mengadakan Diskusi Mahasiswa dan Tokoh Nasional, “PERPPU ORMAS MEMBERANGUS GERAKAN MAHASISWA”. Acara diskusi mahasiswa dan tokoh nasional diakhiri dengan pernyataan sikap bersama sekaligus menandatangani pernyataan tersebut. Acara ini dihadiri oleh aktivis FMI (Front Mahasiswa Islam), GEMA Pembebasan, HMI Yogyakarta, BKLDK, aktivis mahasiswa UGM, aktivis mahasiswa ASJB (Aliansi Silaturahim Jogja Bergerak), aktivis mahasiswa UI, aktivis mahasiswa UB Malang, aktivis BEM DKI Jakarta, aktivis mahasiswa UHO Kendari, LDK LK3 ELFATH UNPAM, aktivis mahasiswa UNJ, PMBR (Presidium Mahasiswa Bela Rakyat), Konfederasi Mahasiswa Nusantara, aktivis mahasiswa UHAMKA, aktivis mahasiswa UNHAS Makassar, aktivis mahasiswa UNDIP, aktivis mahasiswa UNISULA, aktivis mahasiswa UNBOR, Front Pemuda Depok, LDK KPM USNI, aktivis mahasiswa Gunadarma, aktivis mahasiswa UIJ, aktivis UNIJA, juga turut hadir Front Pribumi serta GPJ (Gerakan Pemuda Jakarta).

Baca juga: Tokoh Nasinonal dan Mahasiswa Sepakat Menolak Perppu Ormas 2/2017




19. Pada hari Jumat tanggal 8 September 2017 malam Sabtu digelar mudzakaroh tokoh dan ulama di pesantren Sakinatul Huda kampung Cabeareuy, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Mudzakaroh ulama dan tokoh di Pesantren Sakinatul Huda Cipatat Kab. Bandung Barat mengambil tema "Perppu Ormas: Upaya Membungkam Dakwah Islam.

Baca juga: Ulama dan Tokoh Kabupaten Bandung Barat: Perppu Ormas adalah Upaya Membungkam Dakwah Islam



20. Pada hari Sabtu, 9 September 2017 Forum Ulama dan Tokoh di Sekeloa, Bandung mengadakan acara "Kajian Perppu Ormas". Acara yang diselenggarakan di Masjid Al-Barakah ini dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat Sekeloa, pemuda maupun Mahasiswa. Dalam paparannya Ust. Hendri salah satu Perwakilan dari Forum Pemuda Islam Dipati Ukur yang turut hadir dalam acara tersebut mempertanyakan tentang dampak Perppu terhadap kebijakan umat. Baginya, Perppu seolah-olah menyasar kepada kaum Muslim saja. Hal ini ditunjukan dengan beberapa fakta misalnya terkait sparatisme yang terjadi dibeberapa daerah, Pemerintah tidak menanggapi secara serius.

Baca juga: Ulama & Tokoh Sekeloa Kota Bandung Menolak Perppu Ormas 2/2017



21. Penolakan atas terbitnya Perppu Ormas NoMOR 2 tahun 2017 muncul dari lembaga Majelis Taqarrub Ilallah (MTI) Sulawesi Selatan ketika menghadirkan KH. Muhammad Shiddiq Al Jawi (pimpinan Ponpes Hanfara Yogyakarta) dalam kegiatan Tausiyyah Akbar di Masjid At Taqwa BTP Blok C pada hari Ahad tanggal 10/09/2017 bertema "Melaksanakan Islam, Menuai Rahmat".

Baca juga: Majelis Taqarrub Ilallah (MTI) Sulawesi Selatan Tolak Perppu Ormas 2/2017



22. Ulama Lamongan Tuban dan Bojonegoro Sepakat Tolak Perppu Ormas 2/2017. Bertempat di Paciran Lamongan Sabtu 19 Agustus 2017 pukul 19.30 WIB, lebih dari 20 Ulama yang datang dari Lamongan, Bojonegoro dan Tuban untuk membicarakan Perppu No 2 Tahun 2017.


23. Menanggapi terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 02 Tahun 2017 Tentang Perubahan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013, pengacara muslim akan menggelar konferensi nasional. Acara bertajuk "KONFERENSI NASIONAL ADVOKAT MUSLIM INDONESIA; Perppu Ormas, Konsepsi Negara Hukum atau Negara Kekuasaan?" ini digelar oleh Komunitas Sarjana Hukum Muslim Indonesia (KSHUMI) dan Koalisi Advokat Penjaga Islam (KAPI).

Baca juga:
Tanggapi Perppu Ormas 2/2017, Pengacara Gelar Konferensi Nasional
Konferensi Advokat Muslim Indonesia: Tolak Perppu Ormas, Stop Intervensi Kekuasaan!



24. Lahirnya Perppu Nomor 2 tahun 2017 tentang ormas merupakan tindakan sewenang-wenang yang dilakukan pemerintah. Demikian ungkap Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia Ismail Yusanto di hadapan puluhan ulama dan tokoh dari Forum Tokoh dan Ulama DIY di Masjid Baiturrahman, Pandeyan Umbulharjo, Yogyakarta, Sabtu malam (9/9/2017).

Baca juga: Temu Ulama dan Tokoh DIY bersama Juru Bicara Hizbut Tahrir Indonesia: Tolak Perppu Ormas 2/2017





25. Sekitar 150.000 orang berkumpul di depan DPR RI pada 29 September 2017 menggelar aksi menolak Perppu Ormas 2/2017 dan Kebangkitan PKI. Gelaran bertajuk "Aksi 299" ini dilakukan oleh Presidium Alumni 212 dan sejumlah organisasi di seluruh Indonesia. Turut hadir sebagai orator Prof. Amien Rais, Ustadz M. Ismail Yusanto dan sejumlah tokoh lainnya.

Baca juga:
Empat Fraksi DPR-RI Menolak Perppu Ormas
Kibarkan Bendera Bertuliskan "Lailahaillallah", Massa 299 Teriakan Kalimat Khilafah
Peserta Aksi 299 Teriakkan Seruan Khilafah
Seruan Khilafah Berkumandang di Aksi 299
Terikan Khilafah dalam Aksi 299
Lawan Kebangkitan PKI & Perppu Ormas, Massa Minta Indonesia Jadi Khilafah
Tiga Fraksi Ini Akan Menolak Perppu Ormas di Paripurna
Mengapa HTI Dibubarkan dan "PKI" Dibiarkan?
Kibaran Bendera Arroyah dan Seruan Khilafah Mewarnai Aksi 299
Pimpinan DPR Sepakat dengan Tuntutan Aksi 299 Soal PKI












Penolakan berupa pernyataan sejumlah tokoh, antara lain sebagai berikut:

Baca juga:
Perppu Ormas Mendapat Penolakan dari Banyak Tokoh
Pakar Hukum Sebut Perppu Ormas 2/2017 Sebagai "Kediktatoran Konstitusional"
Pakar Hukum Ini Nilai Perppu Sebagai Produk Prematur
1. "Membangun negeri butuh dialog dan sinergi. Perppu Ormas justru menutup dialog dan bersifat represif, " ujar Lutfi Sarif Hidayat, Direktur Civilization Analysis Forum (CAF).



2. "Perppu Ormas merupakan produk kezaliman, maka DPR harus menolaknya, MK harus membatalkannya, demi tegaknya keadilan di negeri ini," ujar Ahmad Fathoni, Direktur El-Harokah Research Center.



3. "Perppu Ormas sudah membelenggu, jika menjadi UU semakin sempurna nuansa otoritarianisme. Ingat, Gusti Allah mboten sare (Allah tidak tidur)," ujar Mahfud Abdullah, Direktur Indonesia Change.



4. "Perppu Ormas bisa ancam Dakwah Islam dan kritik. Janganlah seruduk Ormas Islam dan siapapun yang kritis, ini otoriter," ujar Emma Lucya Fitrianty, dari Forum Muslimah Indonesia (ForMIND).



5. "Berteman & bekerjasama dengan negara komunis kemudian memusuhi & membubarkan ormas Pengusung Khilafah itu bukan sikap pPancasialis  Pak Jokowi, tapi anti Islam," ujar Ali Baharsyah, Ketua BE Kornas Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus (BKLDK).



6. "Perppu Ormas No. 2/2017 adalah produk cacat prosedural akibat kekuasaan represif anti Islam," ujar Dr. Ahmad Sastra, Ketua Divisi Riset dan Literasi Forum Doktor Islam Indonesia.



7. "Coba pelajari dulu sebelum tolak atau dukung Perppu Ormas, saya sudah pelajari, ada pasal-pasal Berbahaya," ujar Firdaus Bayu, Ketua Kajian Multidimensi PUSKAM.



8. "Tidak ada pilihan lain, DPR dan MK harus berpihak kepada rakyat dan keadilan. Tolak dan batalkan Perppu Ormas," ujar Aminudin S, Direktur LANSKAP (Lembaga Analisis Ekonomi dan Politik).



9. "Perppu Ormas bukan solusi. Tapi jalan pintas menuju pemerintahan yang sewenang-wenang," ujar Eko Susanto, Koordinator Barisan Advokasi Rakyat (BARA).



10. "1000 Advokat pembela Ormas Islam siap aksi bersama sejuta umat Islam untuk tolak Perppu Ormas," ujar Zulhaidir, SH seorang Advokat.



11. "Perppu Ormas ini justru memantik potensi perpecahan di tengah masyarakat...Batalkan!" ujar Hadi Sasongko, Analis BARA (Barisan Advokasi Rakyat).



12. "Bismillah. Kami dukung pemerintah cabut Perppu Ormas No. 2/2017," ujar Endah Sulistiowati, Direktur Muslimah Voice.



13. "Saya melihat Perppu Ormas justru menciptakan kegentingan baru," ujar Taufik S. Permana dari Geopolitical Institute.



14. "Tolak kediktatoran konstitusional. Segera cabut Perppu Ormas!" ujar Nindira Aryudhani, Koordinator LENTERA.



15.  "Pasal 59 ayat 4 huruf c dalam Perppu Ormas ini mengkriminalisasi keyakinan yang sifatnya abstrak. Alat bungkam kelompok dengan label "paham bertentangan dengan Pancasila" sesuai tafsiran penguasa," ujar Lalang Darma Bakti, Indonesia Independent Journalist.



16. "Setelah saya mempelajari, Perppu Ormas berpotensi membungkam suara kritis aktivis dan ormas. Dan kita punya pilihan: diam atau bersuara," ujar Suro Kunto, Ketua SP-BRS.



17. "Terbitnya Perppu No. 2 tahun 2017 sebagai alarm bahaya untuk sebuah sikap kritis bagi gerakan-gerakan, ulama dan para aktivis," ujar Firdaus, Forum Kajian Kebijakan Energi (FORKEI).



18. "Perppu Ormas hadir membawa pasal-pasal yang bernuansa represif. HTI yang dikenal lantang mengoreksi pemerintah, sebagai korban pertama," ujar Suhari Rofaul, Direktur Political Analysis Center (PAC).



19. "Semangat Perppu Ormas tampak seperti ingin meredam 'pikiran rakyat'. Menidurkan rakyat di bawah selimut kedamaian semu," ujar AR. Zakaria, Direktur Indonesia Justice Monitor (IJM).



20. "Kemunculan Perppu Ormas kontroversial. Pembubaran HTI kontroversial. Menerima Sekjen Partai Komunis Vietnam juga kontroversial," ujar Mimin Asy Syahidah, dari Ressurection Forum (ReForm).



21. "Perppu No. 2 Th. 2017 berpotensi mengekang aktivis yang bersuara kritis. Ini Bahaya!" ujar Muhammad Ismail, Aktivis Lingkaran Analisis (LARAR).



22. "Saya menolak Perppu Ormas No. 2/2017 Karena Menghambat Dakwah Islam," ujar Al-Mukarrom Kyai InĂ¡m Anis, Pengasuh Majelis Ta'lim Taqorrub Ilallah, Sampang.



23. "Saya menolak Perppu Ormas No. 2/2017 Karena Menghambat Kebebasan Dakwah," ujar Kyai Abdul Aziz, Pengasuh Majelis Taqorrub Ilallah (MTI), Gresik.



24. "Saya menolak Perppu ormas No. 2/2017 karena sangat berbahaya bagi ormas," ujar Al-Ustadz Abu Imam Kraksaan Probolinggo, Forum Komunikasi Ulama Aswaja Probolingg.



25. "Saya menolak Perppu Ormas No. 2/2017 karena untuk membendung ide Khilafah," ujar Al-Ustadz Asnawi Madura, Forum Komunikasi Ulama Aswaja Madura.



26. "Saya menolak Perppu Ormas No. 2/2017 karena membatasi dakwah Islam," ujar KH. Asrofi, Pengasuh PP Darun Najah, Genteng, Banyuwangi.



[ar]




COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: Gelombang Penolakan Perppu Ormas 2/2017 Semakin Deras Mengalir
Gelombang Penolakan Perppu Ormas 2/2017 Semakin Deras Mengalir
https://4.bp.blogspot.com/--KJgb4OygUI/WahN0OZVOnI/AAAAAAAABJs/WrvaS3YSzZg5rgcPkJUAM1sxG3amNr1FwCLcBGAs/s640/aksi%2Btolak%2Bperppu%2Bormas%2Bmonas%2Bjakarta.jpg
https://4.bp.blogspot.com/--KJgb4OygUI/WahN0OZVOnI/AAAAAAAABJs/WrvaS3YSzZg5rgcPkJUAM1sxG3amNr1FwCLcBGAs/s72-c/aksi%2Btolak%2Bperppu%2Bormas%2Bmonas%2Bjakarta.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/08/gelombang-penolakan-perppu-ormas-22017.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/08/gelombang-penolakan-perppu-ormas-22017.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy