Asing Boleh Kuasai 7 Usaha Pariwisata

SHARE:

Ilustrasi
BANGKITPOS.COM, Pemerintah terus menggodok aturan terkait dengan revisi daftar negatif investasi (DNI). Kemarin (20/1/2016) pembahasan revisi DNI berlangsung di kantor Kemenko Perekonomian. Dalam pembahasan, pemerintah membuka sejumlah sektor usaha yang semula tertutup bagi asing.

Yang terbaru, pemerintah berencana membuka tujuh bidang usaha sektor pariwisata untuk asing dengan kepemilikan hingga 100 persen. Tujuh bidang usaha tersebut adalah restoran, bar, kafe, serta empat usaha di bidang gelanggang olahraga. Yakni, renang, sepak bola, tenis lapangan, dan sport center.

’’Pembahasan sektor pariwisata termasuk yang telah diselesaikan. Perinciannya, 7 bidang usaha akan dibuka 100 persen asing, 4 bidang usaha 70 persen asing, dan 14 bidang usaha 67 persen asing,” ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani.

Menurut Franky, tujuh bidang usaha yang akan dibuka sepenuhnya untuk asingtersebut merupakan relaksasi dari regulasi saat ini yang kepemilikan sahamnya rata-rata dibatasi maksimal 49 persen dan 51 persen asing. ’’Dengan terbukanya kepemilikan 100 persen asing, investor dapat langsung menanamkan modalnya,” tuturnya.

Dibukanya tujuh bidang usaha tersebut diharapkan bisa meningkatkan aliran investasi asing. ’’Ini cukup positif untuk mendorong masuknya investasi dari sektor-sektor pariwisata yang termasuk dalam sektor prioritas BKPM,” ungkapnya.

Terkait dengan batasan kepemilikan saham, ada 18 bidang usaha. Perinciannya, 4 bidang usaha dibuka 70 persen untuk asing. Lalu, 14 bidang usaha dibuka 67 persen untuk asing. Empat bidang usaha yang akan dibuka 70 persen asingdimaksudkan untuk menyesuaikan ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS).

Empat bidang usaha tersebut adalah jasa boga/katering, lapangan golf, jasa konvensi pameran dan perjalanan wisata (MICE), serta spa. ’’Investor tetap membutuhkan mitra lokal untuk memiliki 30 persen saham perusahaan,” urainya.

Sementara itu, 14 bidang usaha yang akan dibuka untuk asing dengan batasan kepemilikan 67 persen terdiri atas museum swasta, peninggalan sejarah yang dikelola swasta, biro perjalanan wisata, serta hotel bintang satu, dua, dan nonbintang. Juga, jasa akomodasi lain, gelanggang olahraga seperti biliar, boling, fitness, jasa hiburan dan rekreasi bidang seni, karaoke, serta pengusahaan objek wisata.

’’Dalam regulasi yang ada saat ini, bidang usaha-bidang usaha tersebut masih tertutup untuk asing karena dialokasikan 100 persen penanaman modal dalam negeri (PMDN),” tambahnya.

Meski begitu, ada dua bidang usaha yang dipastikan masih tertutup untuk asing, yakni agen perjalanan wisata maupun pemandu wisata (guide). ’’Tidak semua dibuka, agen perjalanan wisata dan guide akan ditutup untuk asing,” imbuhnya.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menegaskan bahwa pemerintah tetap memastikan ada banyak bidang usaha yang memberikan perlindungan terhadap UMKM. Di antaranya, sektor kelautan dan perikanan. Bidang usaha perikanan dengan menggunakan kapal penangkap ikan berukuran sampai 30 GT harus dicadangkan untuk UMKM dan koperasi.

Bentuk perlindungan lain adalah bidang usaha yang terbuka dengan syarat bisa berupa kemitraan dengan UMKM. ’’Ada syarat karena dalam rangka melindungi UMKM. Kalau memang suatu bidang usaha itu adalah area UMKM, kami akan mempertahankannya,’’ ujar Nasution. [bp]

Sumber: jawapos.com

COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: Asing Boleh Kuasai 7 Usaha Pariwisata
Asing Boleh Kuasai 7 Usaha Pariwisata
https://4.bp.blogspot.com/-n02w0LqDBTE/WZaeUjd7guI/AAAAAAAAAUw/2LiGHE4-GmMdlo4wHucra3NL-pSUFkitACLcBGAs/s640/16210_34129_saham.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-n02w0LqDBTE/WZaeUjd7guI/AAAAAAAAAUw/2LiGHE4-GmMdlo4wHucra3NL-pSUFkitACLcBGAs/s72-c/16210_34129_saham.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/08/asing-boleh-kuasai-7-usaha-pariwisata.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/08/asing-boleh-kuasai-7-usaha-pariwisata.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy