Agar Kontrak Freeport Jadi IUPK, Ini yang Dilakukan ESDM

SHARE:

Ilustrasi
BANGKITPOS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mencari solusi terkait belum tercapainya kesepakatan antara pemerintah dengan perusahaan tambang asal Amerika Serikat PT Freeport Indonesia, tentang perubahan status kontrak karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus atau IUPK.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri ESDM, Hadi M. Djuraid mengatakan, pemerintah tetap akan berpegang teguh pada Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

"Intinya kita tidak mungkin mundur untuk mengubah apa yang ditetapkan PP, itu kan peraturan," ujar Hadi di Kementerian ESDM, Selasa, 14 Maret 2017.

Hari ini dua Direktur Eksekutif Freeport Tony Wenas dan Clementino Lamury sekitar dua jam lebih sejak pukul 13.30 WIB hadir dalam pertemuan tertutup dengan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral.

Usai menghadiri pertemuan tertutup di lantai 3, keduanya tak banyak bicara saat wartawan meminta keterangan terkait pembahasan PT Freeport Indonesia dengan pemerintah. "Posisinya kan kita namanya berdiskusi, untuk mencarikan jalan yang terbaik untuk semuanya," ujar Tony Wenas di Kementerian ESDM, Selasa, 14 Maret 2017.

Lebih jauh saat Tony disinggung mengenai solusi antara pemerintah dengan Freeport, terkait perubahan kontrak karya menjadi izin usaha pertambangan khusus, ataupun rencana divestasi Freeport kepada pemerintah Indonesia, ia masih enggan menjawab.

"Itu kan tentang substansi. Substansinya belum. Pada saatnya nanti akan kami sampaikan," ucap Tony.

Hadi menambahkan, substansi pembahasan dengan Freeport belum dapat disampaikan ke publik karena saat ini kedua belah pihak masih dalam proses membahas solusi terbaik. Yang jelas, kata dia, pemerintah tetap meminta PT Freeport untuk tunduk dalam tiga hal, yakni perubahan status dari KK menjadi IUPK, pembangunan pabrik pemurnian tambang atau smelter dan pelaksanaan divestasi.

"Ini masih dalam proses, kami sudah sampaikan secara jelas standing position kita. Kami juga sampaikan solusi perubahan jangka pendek untuk ini. Ya kita akan tetap di perubahan IUPK, smelter dan divestasi," tuturnya.

Dalam pembahasan ini, pemerintah tidak memberi batasan waktu kepada Freeport, karena mereka juga membuka kesempatan bagi perusahaan tambang emas itu untuk menyampaikan masukannya. "Kami tidak beri deadline ke mereka, kalau mau usulan apa dari mereka, silakan. Yang penting kita tidak akan mengubah apa yang ditetapkan di PP No 1 2017," ucap Hadi. [bp]

Sumber: tempo.co

COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: Agar Kontrak Freeport Jadi IUPK, Ini yang Dilakukan ESDM
Agar Kontrak Freeport Jadi IUPK, Ini yang Dilakukan ESDM
https://4.bp.blogspot.com/-GznrzMsuTHA/WZcYMCdYOdI/AAAAAAAAAWA/OVLacz1ZVZMnmXSjZ1CUbRCyqn6GBaa5wCEwYBhgL/s640/41532_620.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-GznrzMsuTHA/WZcYMCdYOdI/AAAAAAAAAWA/OVLacz1ZVZMnmXSjZ1CUbRCyqn6GBaa5wCEwYBhgL/s72-c/41532_620.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/08/agar-kontrak-freeport-jadi-iupk-ini.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/08/agar-kontrak-freeport-jadi-iupk-ini.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy