Direktur CIIA: Penusukan Anggota Brimob Kemungkinan Adalah Serangan Balasan

SHARE:


Harits Abu Ulya Direktur CIIA
BANGKITPOS.COM, JAKARTA - Jumat (30/6/2017) terjadi penyerangan terhadap anggota Brimob oleh orang tidak dikenal sekitar pukul 19.30 WIB. Peristiwa tersebut terjadi di Masjid Falatehan, Jalan Sunan Kali Jaga, Jakarta Selatan.

Diketahui, lokasi ini persis berada di dekat Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Peristiwa terjadi setelah pelaksanaan shalat Isya. Saat itu terjadi penusukan terhada AKP Dede dan Briptu Saiful Bahri dari kesatuan Sat BrimobMabes Polri. Menurut informasi keduanya terkena tusukan di bagian leher dan muka.

Atas peristiwa tersebut banyak reaksi dari berbagai pihak. Salah satunya menurut pengamat terorisme dari The Community of Ideological Islamic Analyst (CIIA) Harits Abu Ulya menilai serangan teror di Mabes Polri kemungkinan sebagai bentuk serangan balasan.

Menurutnya, rekan-rekan terduga pelaku teror yang telah ditangkap marah dan tidak terima dengan berbagai upaya yang dilakukan polisi. Dan di internal para pendukung ISIS juga beredar klaim bahwa pelaku serangan tersebut adalah kawan mereka, meski klaim ini juga masih perlu pembuktian lebih lanjut. Karena juga ada dugaan bahwa palaku adalah orang yang mengalami gangguan jiwa, atau ada dendam pribadi terhadap oknum Brimob, dan pelaku mengantongi KTP aspal (asli tapi palsu).

Seperti diketahui, berdasarkan sumber yang diperoleh BANGKIT POS, Densus 88 telah menangkap 42 orang terduga teroris usai insiden bom di Terminal Kampung Melayu. Sebanyak lima orang di antaranya kemudian dilepaskan karena tidak ditemukan keterkaitan dengan aksi teror manapun dalam proses pemeriksaan.

"(Setelah) bom di Terminal Kampung Melayu, polisi itu menangkap sekitar 50 orang. Dan ini memicu kemarahan di antara kawan-kawan mereka," kata Harits saat dihubungi BANGKIT POS, Sabtu (01/7/2017).

Selain itu, Harits menilai serangan teror di Mabes Polri harus menjadi pelajaran bagi polisi untuk bertindak lebih profesional dalam mengatasi masalah terorisme. "Disatu sisi kita prihatin dengan adanya aksi teror, namun juga menyayangkan langkah polisi yang menembak mati pelaku teror", kata Harist.

Menurutnya, hal tersebut membuktikan bahwa ada kelemahan polisi dalam menggunakan hak diskresi yang dimiliki dan tindakan over aparat dapat memicu spiral kekerasan atau aksi teror berikutnya.

"Polisi harus ditingkatkan profesionalismenya dan kwalitas pertahanan dirinya. Kasus Faletehan, Pelaku membawa pisau sangkur, aparat sendiri mempunyai senjata dengan peluru tajam tapi dia juga punya sangkur dan dia juga dilatih bela diri, harusnya tindakan terukur melumpuhkan itu tidak dengan menewaskan. Jikapun pada saat penindakan dengan hak diskresinya yang melekat berakibat tewasnya terduga maka harus bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Publik saat ini bisa melihat konten video yang menyebar terkait ucapan petugas dilapangan ketika mengerubuti pelaku teror yang meregang nyawa karena tembakan. Terkesan spirit melumpuhkan adalah membunuh. Ada ucapan-ucapan yang tidak elok. Hal-hal seperti ini juga harus menjadi perhatian, dan semoga publik mendapat titik terang  tentang aksi teror kali ini, " pungkasnya. [lsh]

COMMENTS

Nama

Berita,1041,Budaya,39,Daerah,58,Ekonomi,305,Hukum,205,Internasional,86,Kesehatan,18,Nasional,721,Opini,335,Pakar,276,Pembaca,5,Pendidikan,35,Politik,289,Redaksi,9,Redaktur,1,Sosial,79,Teknologi,29,Tokoh,74,Video,18,
ltr
item
Bangkit Pos: Direktur CIIA: Penusukan Anggota Brimob Kemungkinan Adalah Serangan Balasan
Direktur CIIA: Penusukan Anggota Brimob Kemungkinan Adalah Serangan Balasan
https://2.bp.blogspot.com/-svShQahl--Y/WVg21RnMlSI/AAAAAAAAAfY/Fk0i0HJ0334ruJP5GZRtvJZ9fB-yeDuZgCLcBGAs/s640/harits%2Babu%2Bulya%2Bdirektur%2BCIIA%252C%2Bkabarnasional.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-svShQahl--Y/WVg21RnMlSI/AAAAAAAAAfY/Fk0i0HJ0334ruJP5GZRtvJZ9fB-yeDuZgCLcBGAs/s72-c/harits%2Babu%2Bulya%2Bdirektur%2BCIIA%252C%2Bkabarnasional.jpg
Bangkit Pos
http://www.bangkitpos.com/2017/07/direktur-ciia-penusukan-anggota-brimob.html
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/
http://www.bangkitpos.com/2017/07/direktur-ciia-penusukan-anggota-brimob.html
true
7145129698342027077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy